9 Jenis Anjing Yang Cocok Dipelihara Untuk Para Pemula


Sudah berdiskusi panjang dengan keluarga maupun teman, kini kamu sudah mantap ingin memelihara anjing. Namun sebelum bertindak lebih lanjut, ada satu hal krusial yang wajib anda jadikan pertimbangan, jenis anjing apa yang ingin anda pelihara?

Tiap anjing memiliki karakter, watak, keunggulan, dan kelemahannya masing-masing. Ada beberapa jenis anjing yang tidak cocok untuk menemani pemilik pemula. Berikut adalah jenis-jenis anjing ramah yang cocok untuk para first-time owner menurut ratusan dokter hewan profesional.

Jenis Anjing Peliharaan Yang Ramah

1. Golden Retriever

Berbicara mengenai anjing peliharaan tentu tidak lengkap bila tidak membahas Golden Retriever. Jenis anjing satu ini masih jadi anjing terfavorit beberapa karakteristik menonjol: Cantik, loyal, ramah terhadap orang asing maupun anjing lain, mudah di latih, bersemangat diajak main, serta pintar. 

Golden Retriever harus 'diberi pekerjaan' agar betah dirumah, seperti mengambil koran dari depan pintu atau membangunkan tuannya setiap pagi. Meski tak bisa diandalkan sebagai anjing penjaga karena tak cukup sensitif, Golden Retriever dikenal sebagai anjing yang amat menyenangkan untuk dipelihara.

2. Pomeranian

Pomeranian adalah jenis anjing yang kecil dan lucu dan sangat cocok untuk pemilik pemula karena mereka punya karakter ceria dan penasaran terhadap banyak hal. Pomeranian cukup pintar dan pandai menyesuaikan diri, ia tak keberatan diajak berlama-lama di rumah, juga tak akan merepotkan bila di bawa ke luar.

Ukuran tubuhnya yang mungil, namun wataknya menyerupai anjing-anjing besar. Pomeranian butuh disisir tiap seminggu sekali agar bulu tebalnya tetap halus dan bersih, namun selain itu, jenis anjing satu ini tak butuh terlalu banyak perawatan.

3. Shiba Inu

Shiba Inu adalah satu dari enam jenis anjing asli Jepang selain Akiko, Kishu, Hokkaido, Kai, dan Shikoku. Ciri khas dari Shiba Inu adalah telinganya yang kecil namun tegak lurus. Selain lincah layaknya kucing, Shiba Inu sangat mudah untuk dilatih.

Ia sangat bersemangat dan senang diajak bermain, namun tak terlalu sensitif dan cukup mandiri, hingga tak akan bermasalah jika tinggal bersama keluarga dengan banyak anggota, di dalam ruangan kecil ataupun apartemen, atau ditinggal sendiri di rumah dalam waktu yang cukup lama.

4. Collie

Meski tubuh besarnya mampu membuat orang merasa terintimidasi pada pandangan pertama, jenis anjing Collie sesungguhnya sangat ramah dan penuh kasih sayang. Ia gemar menghabiskan waktu bersama pemiliknya, baik itu bermain di luar rumah atau sekadar bersantai di kasur/sofa.

Collie juga menyenangi anak kecil, jadi bila kamu baru saja punya anak, tak perlu khawatir memelihara Collie di rumah. Keunggulan lain dari jenis anjing ini adalah tubuhnya yang bersih dan bebas bau.

5. Norwegian Elkhound

Mirip dengan anjing-anjing milik keluarga Starks di Game of Thrones, Norwegian Elkhound adalah jenis anjing cantik nan gagah dengan raut mirip serigala. Jenis anjing ini cocok dijadikan teman maupun penjaga rumah. Serupa dengan Collie, meski berbadan besar dan agak menyeramkan, Elkhound sangat senang bercanda dan bermain.

Elkhound diketahui loyal dan cukup sensitif terhadap perasaan tuannya, jika ia tahu sang pemiliknya sedang merasa sedih atau marah, ia akan mencoba menghibur dengan cara menggonggong kencang atau menaruh kepala di pangkuan pemiliknya.

6. English Springer Spaniel

Tujuan hidup English Springer Spaniel adalah untuk menyenangkan tuannya. Ia pun mudah dibuat senang. Membawanya beraktivitas selama kurang lebih 30 menit tiap hari saja cukup membuat jenis anjing ini riang dan gembira.

Springer Spaniel tidak galak terhadap anak kecil maupun anjing lain. Selain itu, ia juga dikenla sebagai anjing yang tidak sering menggonggong. Masa hidupnya cukup lama, bisa mencapai 12 hingga 14 tahun.

7. Labrador Retriever

Di Amerika Serikat, Labrador Retriever adalah jenis anjing peliharaan keluarga terfavorit nomor 3. Karena sifatnya yang aktif, mudah diajari, dan ramah, Labrador Retriever banyak dimanfaatkan sebagai anjing service and therapy untuk orang-orang lanjut usia ataupun disabilitas.

Tak hanya itu, Labrador Retriever pun pintar berburu. Jenis anjing satu ini sangat pantas dimiliki keluarga aktif yang tak keberatan melakukan banyak kegiatan luar lapangan bersama peliharaan.

8. Maltese

Maltese dikenal sebagai jenis anjing imut, glamor, dan fashionable. Bulu panjang dan halus adalah ciri khas dari Maltese, namun bulu tersebut tidak mudah rontok, sehingga ia tidak terlalu high-maintenance.

Di luar itu, Maltese dikenal sebagai anjing yang loyal, ramah, cukup manja, dan mudah dekat dengan pemilik. Ia tak keberatan tinggal di rumah kecil/ apartemen, namun tak bisa ditinggal dalam waktu lama.

9. Boston Terrier

Meski tak terlalu cantik layaknya anjing-anjing lain dalam daftar ini, Boston Terrier juga pantas dipertimbangkan pemilik anjing pemula. Ia tak takut pada orang asing, sehingga meski badannya mungil, Boston Terrier bisa diandalkan untuk menjaga rumah.

Boston Terrier penuh adalah jenis anjing penuh energi, lincah, pintar, penurut, dan people-oriented. Satu karakterisitik yang cukup dikenal dari Boston Terrier adalah kegemarannya dalam memakan apa pun.


Itu dia 9 jenis anjing ramah untuk para pemilik pemula. Sebelum memilih, pastikan kamu sudah benar-benar melakukan riset dengan teliti dan akurat untuk memastikan anjing pilihanmu adalah anjing yang tepat. Tak hanya dari segi sifat, kebutuhan, karakternya saja, namun pertimbangkan juga bagaimana keluarga, teman, maupun kondisi rumahmu akan dapat menerima dan mengakomodir si anjing.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bento, Makanan Khas Jepang Yang Lezat dan Berseni

Manfaat Buah Nanas Yang Bisa Menyehatkan Bahkan Dapat Mencegah Kanker