Bento, Makanan Khas Jepang Yang Lezat dan Berseni


Untuk sekarang masih bosan dengan bekal makananmu yang begitu-begitu saja. Tidak usah terlalu pusing lagi, ada berbagai cara untuk membuat bekalmu menjadi semakin menarik dan lezat tentunya. Kamu bisa membuat bekalmu menjadi seperti Bento. Bento adalah istilah dalam bahasa Jepang untuk makanan bekal berupa nasi dan lauk pauk dalam kemasan praktis yang bisa dibawa kemana-mana. Bento juga bisa kamu makan sebagai makanan siang, makan malam, ataupun bekal untuk piknik.


Jepang sendiri terkenal sebagai negara akan teknologi dan kreatifitasnya yang sangat tinggi. Kreatifitas itu juga termasuk pada kreasi pada bento. Ciri khas bento adalah jenis pada lauk pauknya yang diatur sedemikian rupanya agar terlihat sedap untuk dipandang, menarik dan tentunya akan sangat mengundang selara makan kita. Bento sendiri dibuat semenarik mungkin karena enak atau tidaknya suatu makanan dimulai dari pandangan kita sendiri. Makanan akan terlihat sangat enak dan menarik ketika bentuk dan warna makanan tersebut menarik.


Di Jepang, Bento sendiri bisa dibuat sendiri di rumah ataupun bisa dibeli di supermarket terdekat. Ukuran dan isinya pun sangat bervariasi. Penyajian bento juga banyak membuat orang tertarik untuk mengeksplorasi kreativitasnya dalam menata lauk dalam kotak makan. Ibu rumah tangga di Jepang dianggap perlu terampil menyiapakan bento, meskipun bento bisa dibeli dimana-mana. Terutama para ibu yang memiliki anak yang masih bersekolah di taman kanak-kanak atau sekolah dasar. Bento ditata agar anak-anak mereka tertarik untuk memakin bento yang sudah dibuatkan.

Membuat bento ini juga sudah menjadi salah satu seni di Jepang. Cara menyajikannya pun bermacam-macam. Bentuk Bento juga bisa dikreasikan sesuai keinginan kamu seperti membentuk tokoh kartun, bunga, benda atau binatang. Sebegitu populernya, sudah ada kompetisi tahunan untuk membuat bento dengan tema karakter tokoh kartun atau semacamnya disana.


Tetapi membuat bento tidak hanya berdasar "asal cantik" saja, tetapi juga harus memperhatikan prinsip dasarnya. Prinsip dasarnya bento adalah makanan yang seimbang, yaitu pemenuhan gizi dalam makanan. Jadi, saat membuat bento kamu juga harus memperhatikan kebutuhan gizinya, seperti karbohidrat, protein serta vitamain dalam bento tersebut.

Komentar

  1. Makanan Khas Japan Bento (Sudah tau belum) Khasiat dan kandungannya? kalau belum Bisa baca di artikel dibawah ini Sayy... selamat membaca semoga bermanfaat ya Say..


    <a href="https://www.yullymelati1.blogspot.com/bento-makanan-khas-jepang-yang-lezat"

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

9 Jenis Anjing Yang Cocok Dipelihara Untuk Para Pemula

Manfaat Buah Nanas Yang Bisa Menyehatkan Bahkan Dapat Mencegah Kanker